Akreditas B Membuktikan Kualitas Stikes Nusantara Kupang

POS KUPANG.COM, KUPANG – Kerja  keras manajemen Stikes Nusantara, Kupang berbuah hasil. Kualitas lembaga pendidikan tinggi kesehatan di Provinsi NTT inipun menuai pengakuan.

Sesuai hasil akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) menempatkan kampus tersebut dengan akreditasi B. Posisi ini sama dengan 20 stikes lainnya di Indonesia dari 88 Stikes yang diakreditasi. Tidak ada Stikes yang memperoleh akreditasi A. Hanya ada 20 Stikes memperoleh akreditasi B dan sisanya akreditasi C.

Menurut Rudizon, dengan Nomor SK: 1090/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2016. Dikeluarkan tanggal 1 Juli 2016. SK ini berlaku sampai dengan 1 Juli 2021. Atau selama lima tahun.

“Saya baru mengetahui pengumuman akreditasi di di website BAN PT. Siapa saja bisa mengakses itu. Ada 88 stikes di seluruh Indonesia yang diakreditasi oleh BAN PT. Hasilnya tidak ada yang akreditasi A,” Ketua Stikes Nusantara Kupang, Rudizon Doko Patty di Kupang, Selasa (30/8/2016).

Untuk Kopertis Wilayah VIII (Bali Nusra), jelasnya, hanya dua Stikes yang mendapat akreditasi B yakni Stikes Bali dan Stikes Nusantara. Dan, Stikes Nusantara menjadi satu-satunya Stikes di NTT yang mendapat akreditasi B.

“Hasil ini berkat dukungan dari seluruh masyarakat NTT. Kepercayaan yang diberikan kepada kami sejak tahun 2009 telah terjawab saat ini. Hasil ini juga merupakan buah dari kerja sama dan kerja keras semua elemen di Stikes Nusantara Kupang,” kata Rudizon.

Setelah akreditasi institusi, jelas Rudizon, akan dilanjutkan dengan akreditasi program studi. Akreditasi program studi ini akan dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes). Sesuai rencana akan dilaksanakan bulan Oktober 2016 ini. Rudizon mengatakan, pihaknya siap mengikuti akreditasi yang dilaksanakan LAM PTKes ini.

“Prinsipnya kami selalu siap. Setelah BAN PT, kami siap diakreditasi oleh LAM PTKes,” kata Rudizon yang saat ini sedang studi S3 di Universitas Negeri Surabaya ini. (eko)

Ada Empat di NTT
SECARA keseluruhan, dari 3.320 perguruan tinggi di Indonesia, yang sudah mendapat akreditasi institusi dari BAN PT sebanyak 984 perguruan tinggi. Hasilnya, 26 PT mendapat akreditasi A dan 272 akreditasi B. Sisanya 686 mendapat akreditasi C. Sebagian besar belum mendapat akreditasi.

Untuk Kopertis Wilayah VIII, ada 158 perguruan tinggi yang sudah mendapat akreditasi. Dari jumlah tersebut, ternyata tidak ada yang memperoleh akreditasi A. Akreditasi B sebanyak 18 dan akreditasi C sebanyak 140.

Dari 18 yang mendapat akreditasi B tersebut, Provinsi NTT hanya memperoleh empat. Empat Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Nusa Cendana (Undana), Politeknik Negeri Kupang (PNK), Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nusantara Kupang.

Yang lebih membanggakan lagi adalah Stikes Nusantara merupakan perguruan tinggi swasta yang usianya belum mencapai 10 tahun (baru tujuh tahun). Namun, sudah berhasil meraih predikat membanggakan tersebut. Masuk kategori terbaik nasional. Sejajar dengan stikes lainnya di Indonesia. (eko)

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Akreditas B Membuktikan Kualitas Stikes Nusantara Kupang, http://kupang.tribunnews.com/2016/09/01/akreditas-b-membuktikan-kualitas-stikes-nusantara-kupang.

Editor: Ferry Ndoen